Urutan Basic Skincare untuk Kulit Berjerawat

Sebagai orang yang baru meluncur ke dunia perskincarean, ada baiknya kamu mengenal lebih jauh tentang basic skincare, khususnya untuk kulit berjerawat
Photo by Karolina Grabowska

Basic skincare adalah rangkaian perawatan kulit yang dirancang untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit, yang sangat cocok diterapkan untuk pemula. Rutinitas perawatan kulit untuk pemula ini mempunyai langkah-langkah sederhana yang dirancang untuk membersihkan, menyeimbangkan, dan melindungi kulit. Sebagai orang yang baru meluncur ke dunia perskincarean, ada baiknya kamu mengenal lebih jauh tentang basic skincare, khususnya untuk yang punya kulit berjerawat.

Manfaat Basic Skincare

Rutinitas basic skincare memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan kulit dan dapat membantu menjaga kulit tetap sehat dan terlihat baik. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari rutinitas basic skincare:

Pembersihan yang Efektif

Membersihkan kulit secara teratur membantu menghilangkan kotoran, debu, minyak, dan sisa-sisa makeup yang dapat menyumbat pori-pori. Pembersihan yang baik mencegah timbulnya jerawat dan komedo serta membantu menjaga kulit tetap bersih.

Menyeimbangkan pH Kulit

Toner dapat membantu menyeimbangkan pH kulit setelah dibersihkan. Kulit yang seimbang pH-nya cenderung lebih sehat dan kurang rentan terhadap masalah kulit seperti iritasi atau jerawat.

Pemeliharaan Kelembapan

Menggunakan pelembap membantu menjaga kelembapan kulit. Terlepas dari jenis kulit Anda, pemeliharaan kelembapan penting untuk kesehatan kulit. Kulit yang terhidrasi dengan baik dapat terlihat lebih segar dan bercahaya.

Perlindungan dari Sinar Matahari

Menggunakan tabir surya melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Paparan berlebihan terhadap sinar matahari dapat menyebabkan penuaan dini, hiperpigmentasi, dan bahkan peningkatan risiko kanker kulit.

Pencegahan Tanda Penuaan Dini

Rutinitas perawatan kulit yang baik dapat membantu mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti garis halus, kerutan, dan kehilangan elastisitas. Penggunaan produk anti-penuaan atau serum khusus dapat menjadi tambahan yang bermanfaat.

Photo by Karolina Grabowska

Urutan Basic Skincare untuk Kulit Berjerawat

Rutinitas perawatan kulit ala basic skincare untuk kulit berjerawat dapat membantu mengurangi peradangan, mengendalikan produksi minyak, dan mencegah timbulnya jerawat baru. Berikut adalah urutan dasar perawatan kulit untuk kulit berjerawat :

Cleanser

Gunakan pembersih yang lembut dan bebas minyak untuk membersihkan wajah. Hindari pembersih yang terlalu keras, karena dapat menyebabkan iritasi yang dapat memperburuk kondisi jerawat.

Toner

Setelah membersihkan wajah dengan cleanser yang khusus kulit berjerawat, kamu bisa pakai toner. Pilih toner yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat atau witch hazel yang dapat membantu mengontrol minyak dan membersihkan pori-pori. Toner juga membantu menyeimbangkan pH kulit.

Serum

Pastikan tonernya kering sebelum memakai serum. Gunakan serum atau produk perawatan khusus yang mengandung bahan-bahan seperti asam salisilat, asam glikolat, atau niacinamide. Bahan-bahan ini dapat membantu mengurangi peradangan, mengangkat sel kulit mati, dan mengontrol produksi minyak.

Moisturizer

Meskipun kulit berjerawat, tetap penting menggunakan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit. Pilih pelembap yang ringan dan tidak mengandung minyak tambahan. Pelembap dapat membantu mencegah kulit menjadi terlalu kering dan memicu produksi minyak berlebih.

Sunscreen (Tabir Surya)

Setelah rangkaian itu siap, kamu jangan lupa pakai sunscreen sebelum keluar rumah. Penggunaan tabir surya adalah langkah kunci untuk melindungi kulit dari sinar UV, yang dapat memperburuk kondisi kulit berjerawat dan meninggalkan bekas luka lebih lama. Pilih tabir surya dengan SPF yang sesuai dan pastikan untuk mengaplikasikannya setiap pagi, bahkan pada hari yang mendung.

Penting untuk dicatat bahwa setiap individu memiliki kulit yang berbeda, dan respons terhadap produk perawatan kulit juga bisa berbeda. Pakai satu produk baru pada satu waktu untuk melihat bagaimana kulitmu bereaksi, dan hindari menggunakan terlalu banyak produk sekaligus, terutama jika kulit kamu cenderung sensitif.

Posting Komentar

© Cacti Nani. All rights reserved. Developed by Jago Desain